Perancangan Sistem Informasi Promosi Pada Toko Tani Indonesiana Kota Tidore Kepulauan Berbasis Web

Penulis

  • Dwi Andriyani
  • Qaulan Sakila Usman
  • Jubaedah Hamza
  • Fadila I Sangaji
  • Tiara Rahayu
  • Putri Jiran M. Yamin
  • Sarinawati Hasan
  • Zulfahmiz Abd Gani STMIK Tidore Mandiri

Kata Kunci:

: Sistem Informasi Promosi Toko Tani Indonesiana, Waterfall, Web, UML, PHP, Bootstrap

Abstrak

Di era digital saat ini, sangat terkait dengan perkembangan sistem informasi, di mana sebuah website dapat dijadikan sebagai media promosi. Dengan promosi online yang memanfaatkan teknologi berbasis web, dapat memudahkan konsumen menemukan informasi yang diinginkan. Toko Tani Indonesiana merupakan salah satu toko yang menyediakan berbagai macam kebutuhan pertanian, mulai dari produk pertanian dan peternakan. Namun, toko tersebut belum memiliki platform online untuk mempromosikan produknya secara luas. Promosi yang ada hanya secara manual, yaitu promosi word of mouth atau rekomendasi dari orang lain. Pada penelitian ini, peneliti akan merancang sistem informasi untuk mempromosikan produk yang dijual di Toko Tani Indonesiana. Penelitian ini menggunakan metode waterfall serta menggunakan pemodelan berorientasi objek yaitu UML (Unified Modeling Language). Pembuatan Sistem ini menggunakan bahasa pemrograman PHP dan Framework Bootstrap serta database MySQL. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah sebuah sistem informasi promosi pada Toko Tani Indonesiana berbasis web yang diharapkan dapat memudahkan penjual dalam melakukan promosi melalui internet dan masyarakat dalam memperoleh informasi.

Unduhan

Diterbitkan

27-06-2025