Sistem Informasi Pembayaran Dan Pelaporan Penjualan Pada Kantin STMIK Tidore Mandiri

Penulis

  • Nursaida Yusuf

Kata Kunci:

Sistem Informasi Kantin

Abstrak

Kantin merupakan fasilitas yang sering dikunjungi mahasiswa untuk makan, minum dan berbelanja hal-hal keperluan lain. Proses pembayaran yang terjadi dikantin STMIK Tidore Mandiri masih terlihat lambat karena masih menggunakan calculator. Selain proses pelaporan ke penanggung jawab kantin masih dilakukan melalui via whatsapp dan sms sehingga sistem tersebut dianggap kurang efektif karena bisa hilangnya whatsapp dan sms sewaktu-waktu bisa terjadi. Berdasarkan permasalahan tersebut sehingga proses pembuatan pelaporan pada kantin STMIK Tidore Mandiri menjadi kurang memadai. Untuk menangani persoalan tersebut dibutuhkan suatu sistem informasi yang dapat menyajikan sistem pembayaran dan pelaporan penjualan oleh pihak penanggungjawab kantin. Maka salah satu cara yang paling efisien adalah dengan memanfaatkan teknologi untuk merancang satu sistem yang memiliki database pembayaran dan pelaporan penjualan untuk kantin STMIK Tidore Mandiri. Metode yang digunakan dalam penelitian metode penelitian deskriptif analisis, yaitu dengan mengumpulkan data-data yang sesbenarnya kemudian dianalisis, disusun, dan diolah untuk mendapatkan gambaran dan kejelasan terkait dengan persoalan yang diselesaikan. Sedangkan metode yang digunakan dalam pembuatan aplikasi adalah metode waterfall, yaitu suatu model pengembangan melalui tahapan analisis, perancangan, pengujian dan pemeliharaan. Tujuan dari penelitian ini adalah menghasilkan sebuag aplikasi sistem informasi yang diharapkan dapat membantu dan mempermudah petugas kantin melakukan pembayaran dan pelaporan penjualan  ke penanggujawab kantin STMIK Tidore Mandiri.

Diterbitkan

28-06-2022