Sistem Informasi Pendaftaran Wisuda Pada STMIK Tidore Mandiri

Penulis

  • Edy Waly Rumaf STMIK Tidore Mandiri

Kata Kunci:

SI Pendaftaran Wisuda

Abstrak

Wisuda adalah salah satu kegiatan rutin atau proses akhir dalam rangkaian akademik sebuah perguruan tinggi yang mana merupakan penanda kelulusan mahasiswa yang telah menempuh pendidikan pada perguruan tinggi. Demi kelancaran pelaksanaan kegiatan dan pengolahan data yang baik maka diperlukan suatu sistem yang berbasis aplikasi untuk proses pendaftaran calon peserta wisuda. Proses pendaftaran calon peserta wisuda di STMIK Tidore Mandiri saat ini masih dilakukan dengan tulis tangan yaitu mengisi formulir yang disediakan oleh petugas pendaftaran di bagian program studi. Selain itu pengumpulan persyaratan seperti foto menggunakan pakaian wisuda dan file skripsi / tugas akhir di kumpulkan pada media penyimpanan file.
Masalah yang timbul dari pendaftaran secara langsung tersebut yaitu petugas pendaftaran kadang mengalami kecolongan dalam hal persyaratan dokumen yang wajib dikumpulkan oleh calon peserta wisuda, seperti tidak memasukkan file foto atau file skripsi/tugas akhir atau bahkan keduanya. Hal tersebut dapat terjadi karena media penyimpanan file yang dikumpulkan tidak bisa terbaca atau terkena virus komputer yang menyebabkan kerusakan pada file. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian deskriptif analitis, yaitu dengan mengumpulkan data-data yang sebenarnya kemudian dianalisis, disusun dan diolah untuk mendapatkan gambaran dan kejelasan terkait dengan persoalan yang akan diselesaikan. Sedangkan metode yang digunakan untuk pembuatan aplikasi adalah menggunakan metode waterfall, yaitu suatu model pengembangan melalui tahapan analisis, perancangan, pengujian dan pemeliharaan.
Tujuan dari penelitian ini adalah menghasilkan sebuah aplikasi sistem informasi yang diharapkan dapat membantu petugas pendaftaran di bagian program studi dalam pengelolaan dan pengontrolan proses pendaftaran calon peserta wisuda. Sedangkan untuk calon peserta wisuda diharapkan dapat mempermudah pengisian biodata diri dan proses upload dokumen persyaratan (file foto dan file skripsi / tugas akhir).

Diterbitkan

31-08-2020